Blog

EZ Tips Cara Parkir Mobil Untuk Pengemudi Pemula

Untuk orang yang masih tergolong baru bisa mengemudi mobil sendiri, ternyata parkir bisa menjadi hal yang menakutkan. Apalagi kalau harus parkir di tempat yang sempit dan rapat seperti parkiran mall atau parkiran perkantoran. Meskipun sudah disediakan tukang parkir yang akan membantu mengarahkan, namun rasa takut itu tetap ada. Bahkan tak jarang, rasa takut tersebut yang membuat mereka enggan untuk membawa mobil saat pergi ke pusat keramaian.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti menabrak tiang pembatas, parkir diluar garis yang sudah dibuat atau lebih parah lagi menyenggol mobil orang lain yang sedang parkir, maka kita harus lebih waspada dan hati-hati saat akan memarkir mobil kita. Berikut adalah tips bagaimana memarkir mobil untuk anda yang masih pemula dan belum berani memarkir kendaraan sendiri.

Pilih Parkiran Di Sisi Berjalan
Jika tempat yang anda tuju adalah pertokoan, maka anda akan parkir di pinggir jalan raya. Hal ini memudahkan anda ketika melakukan proses parkir yang tidak mengganggu mobil dari kedua arah. Sehingga anda tidak akan terburu-buru dan semakin gugup karena banyak mobil yang menunggu anda selesai.

Saat sedang mencari lahan parkir yang kosong, jalan dengan perlahan dan nyalakan lampu sein. Dengan demikian, pengendara di belakang anda dan tukang parkir yang berjaga akan tahu bahwa anda sedang mencari lokasi parkir. Jika melihat lahan yang kosong, pastikan pula lahan tersebut sesuai dengan ukuran mobil yang anda kenakan.

Buka Jendela, Matikan Audio
Dimanapun anda parkir, jika masih belum berpengalaman, disarankan untuk membuka kaca jendela dan mematikan audio. Dengan demikian anda dapat lebih fokus dengan lingkungan sekitar serta suara tukang parkir yang memberikan instruksi arah parkir. Pastikan dengan jelas kondisi di sekitar ruang parkir. Apakah ada tiang, gundukan pembatas, garis parkir, kendaraan lain ataupun troli belanja. Jika merasa ragu, jangan malu untuk turun dan mengawasi sekitar terlebih dahulu.

Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion
Kaca spion sangatlah penting untuk membantu anda memarkir mobil. Apalagi jika anda akan memarkir mobil mundur di tempat terbatas seperti parkiran mall. Jika masih ragu dengan jarak yang anda lihat di kaca spion, jangan malu pula untuk mengeluarkan kepala mengintip sejauh apa jarak mobil anda dengan tiang atau mobil lainnya. Untuk batas belakang, mobil terbaru biasanya sudah disertai dengan sensor atau kamera mundur.

Berikan Jarak Kanan dan Kiri Mobil
Agar memudahkan anda serta penumpang untuk turun, pastikan ada jarak di kanan dan kiri mobil untuk membuka pintu dan naik turun penumpang. Biasanya di parkiran terdapat garis lahan parkir untuk mobil. Cobalah parkir tepat di tengah lahan tersebut.

Amankan Mobil Saat Parkir
Setelah anda parkir dengan sesuai, jangan lupa untuk mengamankan mobil anda. Pasang rem tangan dengan benar jika anda parkir di tempat datar. Jika menurun, pasang rem tangan dan posisikan transmisi di gigi mundur (R). Jika jalanan menanjak, pasang rem tangan dan posisikan pada gigi 1. Hal ini agar mobil tidak bergerak sendiri saat anda tinggal. Namun PENTING untuk diperhatikan. Sebelum menyalakan mobil, pastikan anda sudah memindahkan gigi ke posisi netral!

(http://www.asapmobil.com)